Persaudaraan Antar Perempuan, Keindahan yang Menenangkan



 Ada suatu masa ketika laki-laki menjadi begitu dominan dalam setiap pengambilan keputusan, namun keputusan tersebut pada hakikatnya justru melemahkan suara kaum perempuan. Apa yang terjadi selanjutnya? Perempuan terdiam dalam keheningan dan kebisuan tanpa tau harus melakukan apa. Malah semakin mirisnya ketika perempuan lain malah menyepakati apa yang menjadi keputusan tersebut tanpa memikirkan dampak jangka panjang dari persetujuan yang mereka berikan. Perempuan semakin hari semakin terdiam, memang mereka diberi ruang, tapi ruang itu justru membungkam suara mereka. 


Persaudaraan antar perempuan adalah sebuah sikap alamiah yang harus dijaga, adalah sebuah sikap saling menopang yang harus dirawat, adalah sebuah kelembutan yang dibalut dengan keindahan. 

Jangan pernah salah sasaran dalam membidik lawan, yang kita lawan adalah dominasi maskulinitas, adalah patriarki, bukan sama sekali kaum pria, apalagi sesama kaum perempuan, apalagi ia (perempuan) yang sedang memperjuangkan haknya, ia yang sedang memperjuangkan kebenaran, ia yang sedang bersama kita memperjuangkan kesetaraan, walau dengan jalan yang berbeda. 

Jangan sesekalipun kamu dengan sengaja menjatuhkan sesamamu perempuan didepan pintu orang lain, jangan sesekalipun berusaha menghancurkannya. Jangan mempertanyakan moralitas sesamamu perempuan didepan orang lain apalagi mengkritik karya dan percapaian sesamamu, karena itu adalah bagian dari keindahan yang menenangkan dari persaudaraan antar perempuan.


(Perempuan Berkisah)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEREMPUAN DALAM BELENGGU BUDAYA

KEHORMATAN

Perempuan Tanpa Belenggu