PENDIDIKAN GENERASI MILENIAL

www.freepik.com

Indonesia negeri yang terdiri dari ribuan pulau yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa merupakan negara terbesar keempat di dunia. Dengan begitu banyaknya jumlah penduduk di Indonesia maka dapat dipastikan bahwa jumlah pelajar di Indonesia juga sangat banyak. Dalam UUD 1945 alinea ke 4 salah satunya berbunyi “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” maka dapat dikatakan bahwa pendidikan adalah salah satu tolak ukur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun sayangnya tidak semua anak di Indonesia mendapatkan haknya untuk mengenyam pendidikan secara layak. Persoalan biaya menjadi salah satu permasalahan utama yang dihadapi masyarakat. Pendidikan yang mahal tidak sebanding dengan kualitas pendidikan yang seharusnya diterima masyarakat. 
Menurut survei yang dilakukan oleh Programme For International Student Assessment (PISA) menempatkan Indonesia di peringkat 72 dari 77 negara.  Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan pendidikan di negara ini begitu buruk kualitasnya? Ada beberapa hal yang menyebabkan kualitas pendidikan di Indonesia :
  1. Sistem Pendidikan yang terlalu mengikat
Di era 4.0 ini  Indonesia masih menerapkan guru sebagai satu-satunya sumber pengetahuan. Seharusnya di era digital ini guru seharusnya tidak menjadi satu-satunya sumber pengetahuan murid melainkan sebagai fasilitator yang memfasilitasi murid dalam belajar di kelas.  Murid seharusnya sudah diberi kesempatan untuk mencari materi sendiri sehingga ketika dikelas diskusi bisa dilakukan dua arah.
  1. Fasilitas Pendidikan yang kurang memadai
Salah satu hal yang mempengaruhi pertumbuhan kualitas pendidikan di negara ini adalah kurang memadainya fasilitas yang dimiliki lembaga pendidikan. Sekolah seharusnya menjadi tempat yang nyaman bagi siswa untuk belajar, tetapi di beberapa daerah hal ini justru tidak dirasakan. Seperti ruang kelas yang panas dan fasilitas sekolah yang membuat murid tidak betah untuk belajar berlama-lama di sekolah. 
  1. Kualitas Tenaga pendidik
Tenaga pendidik atau guru adalah salah satu peran yang sangat penting untuk memajukan kualitas generasi penerus bangsa. Namun kualitas guru Indonesia masih berada di tingkat yang rendah. Pemerintah seharusnya sadar bahwa guru adalah salah satu orang yang berperan penting untuk memajukan kualitas generasi muda sehingga harus ada kualifikasi khusus bagi tenaga pendidik. 
Selain itu tenaga pendidik juga tidak mendapatkan penghargaan yang seharusnya mereka dapatkan sebagai pahlawan pendidikan bangsa. Banyak guru yang gajinya masih jauh dari upah minimum regional sehingga sulit untuk menunjang kehidupannya. 
Banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini seharusnya membuka mata kita bahwa kita harus mengubah sistem pendidikan yang selama ini kita jalani. Anak harusnya diarahkan sejak kecil kepada minat dan bakat yang dia miliki sehingga ketika dewasa dan mengambil spesifikasi pendidikan tidak ada lagi istilah 'salah jurusan' seperti yang dialami oleh sebagian mahasiswa Indonesia. Kita juga seharusnya sudah mulai menerapkan pendidikan berbasis teknologi karena seperti yang kita ketahui bahwa teknologi punya peranan besar di era 4.0 ini. Negara ini perlu berbenah untuk menghadapi kemajuan teknologi yang dapat menunjang kualitas pendidikan bangsa. Jangan jadikan teknologi sebagai hambatan tapi jadikan sebagai peluang untuk membangun kualitas pendidikan yang lebih baik.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEREMPUAN DALAM BELENGGU BUDAYA

KEHORMATAN

Perempuan Tanpa Belenggu