Perempuan Tanpa Belenggu



Hari perempuan sedunia diperingati setiap tanggal 8 Maret tiap tahunnya. Perayaan ini menjadi satu hari yang begitu dimanfaatkan oleh jutaan perempuan di dunia ini. Di berbagai negara setiap tahunnya perayaan hari perempuan dirayakan dengan cuti bersama, memberikan bunga pada kaum perempuan dan ada juga yang turun kejalan untuk menuntut hak-hak perempuan terkhusus kesetaraan.
Para perempuan selama ini selalu menjadi korban dari budaya patriarki, perempuan selalu di belakang laki-laki. Budaya patriarki yang ditanamkan dan tumbuh subur di masyarakat seolah menjadi penghalang terbesar bagi kaum perempuan. Mirisnya kita sebagai kaum perempuan juga terkadang mengamini apa yang budaya patriarki tanamkan, seperti selalu berpikiran bahwa ia lemah, ia tak boleh bermimpi tinggi karena ujung-ujungnya pasti akan kedapur juga. 
Sebagai perempuan kita harusnya tahu bahwa kita bisa lebih dari apa yang kita dan orang lain pikirkan selama ini. Perempuan tak hanya harus bergelut dengan dapur dan tumpukan pakaian di sumur, perempuan bisa jauh lebih dari pada itu. Jangan takut dengan kata orang yang menjustifikasi bahwa laki-laki tak suka perempuan yang sekolahnya terlalu tinggi. Sekolahlah yang tinggi tanpa takut akan ditinggalkan laki-laki.
Berdandanlah tanpa takut dengan pandangan bahwa laki-laki tak suka perempuan menor. 
Jadilah perempuan yang merdeka, yang mencintai dirinya sendiri tanpa takut dengan pandangan orang lain terhadapnya. Jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri. Jadilah bebas terhadap hidupmu sendiri, bebas dalam berpikir dan bertindak tanpa takut kritikan orang lain. Hiduplah dengan memegang teguh kepercayaan bahwa kamu hebat, kamu cantik, kamu kuat dan kamu adalah yang terbaik. 
"Perempuan bukan pasar malam yang kau datangi untuk melepas sepi atau kedai kopi yang kapanpun kau singgahi kemudian kau tinggal pergi. Perempuan bukan alat untuk menghibur dan memuaskan diri melainkan tempat bagi semesta untuk melahirkan manusia-manusia hebat." -@Yayaaachmad
Selamat memperingati hari perempuan sedunia semoga kita semua selalu menjadi manusia yang bebas tanpa belenggu dari masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEREMPUAN DALAM BELENGGU BUDAYA

KEHORMATAN